Rabu, 27 April 2011

Cagar Alam Raya Pasi, Singkawang


Luas dan Letak Kawasan

Cagar Alam Raya Pasi ditunjuk berdasarkan Surat Keputusan Zelf Beotuur Van Sambas yang ditetapkan oleh Pemerintah Penjajahan Belanda Nomor 39 tanggal 20 Januari 1931 sebagai kawasan Hutan Lindung dengan luas sekitar 900 Ha, kawasan ini kemudian ditetapkan sebagai Cagar Alam berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian Nomor 326/Kpts/Um/5/1978 tanggal 20 Mei 1978 dengan luas sekitar 3.742 Ha.


Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Pengukuhan yang dikeluarkan oleh Menteri Kehutanan Nomor 111/Kpts-II/1990 tanggal 14 April 1990 luas Cagar Alam Raya Pasi menjadi 3.700 Ha.

Cagar alam ini terletak antara 108º59’00” - 109º07’40”BT dan 0º48’30” – 0’52’20”LU termasuk dalam wilayah Kecamatan Singkawang Timur dan Singkawang Selatan serta sebagian kecil masuk dalam wilayah Kabupaten Bengkayang.

Dilihat dari berbagai wilayah kawasan Cagar Alam Raya Pasi berbatasan langsung dengan :
Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Pajintan dan Nyarongkop Kecamatan Singkawang Timur.
Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Sagatani, Sakok, Rautan Sawah dan Sendoreng Kabupaten Bengkayang.
Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Sejangkung dan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan.
Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Bagak Sahwa dan Pakucing Kecamatan Singkawang Timur.

Aksebilitas

Untuk menuju Cagar Alam Raya Pasi Dari Kota Pontianak dapat dilalui dengan perjalanan melewati jalan darat dengan kendaraan umum, jarak 145 Km dengan waktu tempuh 2,5 Jam. Dari Kota Singkawang menuju lokasi dapat ditempuh melalui 2 jalur yaitu :
Lewat jalur utara melewati ruas jalan Singkawang menuju Bengkayang dapat ditempuh dengan kendaraan umum dengan waktu 25 menit, turun di muka jalan Dusun Sylva Poteng dan menuju ke Wisama Gunung Poteng dengan jarak 3 Km.
Lewat jalur Selatan melewati rusa jalan Singkawang – Monterado dengan kendaraan umum dan berhenti di Kampung Sagatani, menuju ke Cagar Alam Gunung Raya Pasi ditempuh dengan berjalan kaki melalui jalan setapak dengan jarak 2,5 Km.

Topografi

Keadaan Topografi Cagar Alam Raya Pasi umumnya merupakan daerah perbukitan yang bergelombang sedang sampai dengan ketinggian sekitar 150-947 meter diatas permukaan laut. Bagian tengah berbukit dengan kemiringan 15º- 40º yang merupakan daerah bergelombang dan berbukit hingga pada tingkat kemiringan 40º- 65º dan merupakan daerah berbukit batu.

Cagar Alam Raya Pasi merupakan deretan gunung-gunung yang memiliki nama tersendiri, yakni :

Gunung Sebayung , tinggi ± 332m dpl.
Gunung Beor, tinggi ± 710m dpl.
Gunung Tinjau Laut , tinggi ± 440m dpl.
Gunung Ibu, tinggi ± 720m dpl.
Gunung Nek Pading, tinggi ± 500m dpl
Gunung Poteng, tinggi ± 725m dpl.
Gunung Gambar, tinggi ± 504m dpl.
Gunung Pasi, tinggi ± 770m dpl.
Gunung Mancar Silat, tinggi ± 590m dpl.
Gunung Raya, tinggi ± 947m dpl.


Iklim

Kawasan Cagar Alam Raya Pasi termasuk daerah basah dengan vegetasi hutan tropis dengan rata-rata curah hujan bulanan selama sepuluh tahun 195,4 m per tahun, curah hujan minimum 116 (mm) terjadi pada Bulan Agustus, curah hujan maksimum 301,8 (mm) terjadi pada bulan November, dengan suhu rata-rata 25,9ºC - 30ºC dan minimum 21ºC.

Geologi dan Tanah

Berdasarkan Peta Geological Research dan Development Centre tahun 1993 skala 1 : 250.000 menunjukkan bahwa formasi Cagar Alam Raya Pasi terdiri dari batuan Sintang Intrusive , Niut Vulcanics, Puch Granits dan Dissected Alluvial Deposits.

Jenis tanah yang terdapat dikawsan ini yaiut organosol, Alluvial dan Podsolik Merah Kuning (PMK) yang berasal dari bahan batuan dari batuan beku dengan pisiografi entrusi dan bahan induk batuan endapan dengan pisiografi daratan.

Sumber : Misnawati : “Studi Potensi Daya Tarik Areal untuk Pengembangan Pariwisata Alam Gunung Poteng dan Gunung Pasi di Kawasan Cagar Alam Raya Pasi Singkawang Propinsi Kalimantan Barat”

Sumber :

http://tourism-pastikesingkawang.com/index.php?option=com_content&task=view&id=63&Itemid=83

Sumber Gambar:
http://bumi-nusantara.blogspot.com/2009/04/cagar-alam-raya-pasi.html

4 komentar:

  1. Sip, infonya bermanfaat. saya bersama teman di SISPALA SMA NEGERI 2 SINGKAWANG selalu bikin kegiatan disini. semoga cagar alam ini tetap terlindungi sesuai harapan kita. Amin

    BalasHapus
  2. Selamat malam.
    Izin bertanya,kalau boleh tau gunung raya itu lokasi pendakiannya dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunung raya satu jalur dengan gunung poteng cuman pas ada pertigaan di atas belok kanan dan daki lagi sekitar 1 jam dari poteng.

      Hapus
  3. If we are searching some thing in which we are expecting to to get effective of use full knowledge than we will surely go to the on this article and blogs.ผลบอลสด

    BalasHapus