Selasa, 26 April 2011

Profil Kabupaten Sanggau

Kabupaten Sanggau adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Kalimantan Barat. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota sanggau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 12,857,70 km2. Wilayah Kabupaten Sanggau di sebelah utara berbatasan dengan Malaysia, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Sekadau, sebelah barat berbatasan Kabupaten Pontianak dan Landak, sedangkan sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Ketapang.





Dilihat dari letak geografisnya kabupaten sanggau terletak di antara 1 10" Lintang Utara dan 0 35 menit Lintang Selatan. serta di antara 109 45", 111 11" Bujur Timur.

Sekitar 65 persen wilayah Kabupaten Sanggau merupakan hutan. Aktivitas di bidang pertanian dan perkebunan masih tetap mejadi kontribusi terbesar dalam kegiatan ekonomi daerah. Komoditas kelapa sawit dan karet masih menjadi incaran para investor. Di Kabupaten Sanggau tidak kurang dari 11 perusahaan besar baik itu swasta nasional maupun asing telah menanamkan modalnya di perkebunan kelapa sawit dan telah berproduksi.

Perkembangan lalu lintas perdagangan kabupaten ini juga semakin lancar. Akses distribusi yang dimiliki Kabupaten Sanggau memang cukup unik. Pertama, Sanggau menjadi pengikat Kabupaten Kapuas Hulu dan Sintang untuk menuju pontianak. Kedua, keberadaan Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Entikong yang makin diperhatikan secara khusus oleh pemda kabupaten telah mempersatukan kabupaten dan kota se-Kalimantan Barat.

PPLB Entikong memiliki peranan khusus dalam meningkatkan aktivitas perekonomian daerah, terutama dibidang perdagangan. Bukan mustahil Entikong menjadi kota perdagangan terbesar di Pulau Kalimantan. Pasalnya semua fasilitas pendukung perdagangan baik itu skala lokal, nasional maupun international akan segera dibangun di lokasi kawasan niaga terpadu.


Sumber Data:
Kalimantan Barat Dalam Angka 2010
(01-6-2007)
BPS Provinsi Kalimantan Barat

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=6105

Sumber Gambar :
http://www.pnpm-kalbar.org/images/sanggau.jpg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar