Senin, 25 April 2011

Pantai Pulau Datok - Kayong Utara


Pantai Pulau Datok merupakan salah satu primadona wisatawan karena pada musim-musim tertentu seperti liburan sekolah, hari-hari raya keagamaan dan libur Nasional, Pantai Pulau Datok ini ramai dikunjungi wisaawan dari dalam maupun luar kota Sukadana.
Lihat Peta Lebih Besar

Lokasi objek wisata Pantai Pulau Datok ini berdekatan dengan Taman Nasional Gunung Palong, Pantai Pasir Mayang serta Pantai Tambak Rawang. Pantai Pulau Datok terletak di kaki gunung Peramas yang menawarkan suasana asri dan nyaman untuk bersantai dan relaksasi bersama keluarga dan kolega.



Pantai ini berpasir halus berbentuk telur dengan kecekungan cukup dalam. Selain itu Pantai Pulau Datok juga memiliki kelandaian yang cukup baik dengan kondisi permukaan (morfologi) yang cukup bervariasi. Pasir di Pantai ini juga di kategorikan cukup baik, berbutir halus, agak putih dan cukup bersih.

Lingkungan di Pantai Pulau Datok cukup baik dan rapi, vegetasi akasia berbaris rapi di sepanjang jalan masuk disamping pohon-pohon besar lainnya seperti penage hingga semak belukar yang meneduhi dan membawa suasana sejuk di pantai. Pantai Pulau Datok cukup aman terhadap terpaan gelombang dari laut Selatan Karimata karena dikelilingi tanjung berbatu sebelah kiri dan kanan. Suasana pagi di Pantai Pulau Datok cukup segar. Matahari pagi terbit dari arah kota Sukadana, naik perlahan menyinari Pantai Pulau Datok dengan pepohonannya.

Dikala sore, pengunjung dapat menikmati pemandangan terbenamnya matahari di ufuk barat. Bias sinar matahari yang memerahi langit menambah hining dan suasana asri pantai. Kondisi lingkungan di sekitar obyek wisata Pantai Pulau Datok ini relatif baik didukung dengan rindangnya tumbuhan pohon lindung akasia di kiri dan kanan sepanjang jalan masuk menuju lokasi.

Kondisi hutan sekitarnya juga masih alami. Pemukiman penduduk disekitar lokasi pun tak begitu padat apalagi di dalam lokasi obyek. Dataran rendah dengan pemukiman berpasir mendominasi lokasi obyek. Kiri kanan lokasi obyek merupakan dataran tinggi dengan struktur tanah kuning (clay) dan batu belah yang sering digunakan sebagai material bangunan. Luas lahan yang ada di kawasan Pantai Pulau Datok ± 100 Ha, dengan ketersediaan lahan ± 20 Ha untuk pengembangan kepariwisataan. Lahan tersebut mencakup beberapa bagian yang sangat potensial seperti : bagian pantai yang indah, bagian tanjung yang menarik untuk aktivitas hiking, panjat tebing, dan rintangan alam, bagian hutan mangrove di ujung pantai sangat baik untuk pusat penelitian, cagar alam, habitat biota laut, dan sebagainya.

Pantai Pulau Datok sering juga digunakan sebagai lokasi /tempat pementasan panggung hiburan music, baik itu artis local maupun artis ibu kota serta cocok untuk lokasi perkemahan/camping bagi pelajar, mahasiswa dan umum. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat pula Pulau Datok dengan daya tariknya berupa makam tua yang dikeramatkan disampng jenis fauna seperti burung madu, kera, lutung, dan lain-lain.

Sumber :
http://seputarsukadana.wordpress.com/

Sumber Gambar:
http://rahasiaketapang.blogspot.com/2010_09_01_archive.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar