Senin, 25 April 2011

Profil Kabupaten Ketapang

(Sebelum Pemekaran Kab Kayong Utara : Kec  Sukadana, Simpang Hilir,  Teluk Batang, Seponti, dan P Maya Karimata )


Kabupaten Ketapang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Propinsi Kalimantan Barat, terletak di antara garis 0 19 00 - 3 05 00 Lintang Selatan dan 108 42 00 - 111 16 00 Bujur Timur. Wilayah Kabupaten Ketapang di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Pontianak dan Kabupaten Sanggau, sebelah timur berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Sintang sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Selat Karimata dan sebelah selatan berbatasan dengan Laut Jawa. Daerah Kabupaten ketapang mempunyai luas wilayah 35.809 Km ( 3.580.900 Ha) yang terdiri dari 33.209 Km wilayah daratan dan 2.600 Km wilayah perairan serta memiliki lima belas Kecamatan.




Sektor Kalautan dan Perikanan di Kabupaten Ketapang memiliki peran yang cukup besar. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kontribusi sektor perikanan terhadap peningkatan PDRB Kabupaten Ketapang. Lokasi pengembangan perikanan tangkap di Kabupaten Ketapang berbasis pada 9 TPI/PPI dan desa nelayan yang potensial meliputi : Kec. Kendawangan, Matan Hilir Selatan, Matan Hilir Utara, berpusat di PPI Ketapang, Kec. Pulau Maya Karimata berpusat di PPI Dusun Besar, sedangkan Kec. Sukadana, Simpang Hilir dan Teluk Batang berpusat di Pelabuhan Perikanan Teluk Batang. Jenis Komoditas yang dikembangkan antara lain Udang, Udang Windu, Kakap Merah, Kerapu, Kakap Putih, Tenggiri, Bawal, Tongkol, Rajungan. Udang Galah, Ikan Mas dan Nila Merah, Pabrik Es, Cold Storage dan Dok Kapal Ikan.

Potensi Sumber Daya Hutan yang terdapat di Kabupaten Ketapang masih merupakan primadona dalam pertumbuhan ekonomi daerah, oleh karena itu agar pembangunan hutan dapat terus berlanjut dan pemerataan didalam pengelolaan kawasan hutan dapat dirasakan oleh masyarakat maka didalam pengelolaannya perlu dilakukan Pembinaan, pengawasan serta pengembangan aneka usaha kehutanan baik kayu maupun non kayu. Hutan Ketapang antara lain menghasilkan kayu bulat, rotan, kulit kayu, dan damar.

Di sektor pariwisata, Kabupaten Ketapang memiliki beberapa potensi wisata di antaranya Kepulauan Karimata, yang memiliki keanekaragaman ekosistem baik ekosistem darat maupun ekosistem laut, termasuk berbagai variasi terumbu karang dan ikan hias laut. Akibat terpisahnya kepulauan Karimata dengan pulau Kalimantan, maka beberapa jenis flora dan faunanya tergolong endemik yang cukup unik di kepulauan ini.


Sumber Data:
Kalimantan Barat Dalam Angka 2010
(01-6-2007)
BPS Provinsi Kalimantan Barat

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/id/displayprofil.php?ia=6106

Sumber Gambar:
http://www.pnpm-kalbar.org/images/ketapang.jpg
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Ketapang.svg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar