Senin, 25 April 2011

Profil Kabupaten Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu, secara astronomis berada pada 0,5 Lintang Utara sampai 1,4 LIntang Selatan dan 111,40 Bujur Timur Sampai 114o10 Bujur Timur dengan ibu kota Putusibau. Sebelah Utara berbatasan dengan Serawak (Malaysia Timur), Sebelah Barat dengan Selatan berbatasan dengan Kabupaten Sintang , sementaa sebelah Timur berbatasan dengan Propinsi Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah.


Kabupaten Kapuas Hulu memanjang dari arah Barat ke Timur, dengan jarak kurang lebih 240 Km dan melebar dari utara ke Selatan dengan jarak yang kurang lebih 126,70 Km. Kabupaten Kapuas Hulu terletak diujung paling Timur propinsi Kalimantan Barat, dengan jarak kurang lebih 657 Km melalui jalan darat , dan 842 Km melalui Kapuas.

Waktu tempuh ke Pontianak kurang lebih empat puluh lima menit penerbangan menggunakan Pesawat Udara jenis ATR 42 Seri 300/F27 atau kurang lebih 16 Jam denga n menggunakan kendaraan darat. Seccara keseluruhan Kabupaten Kapuasa Hulu merupakan daerah yang telah mengalami pengikisan dan sudah semakin tua, yang di tandai dengan gradient sungai yang kecil berbelok-belok.

Morfologi daerah Kapuas Hulu umumnya terbentuk wajan (kuali) yang terdiri dari dataran rendah/cakung yang terendam air memanjang dari Hilir Nanga Menday terus kea rah barat mengikuti aliran Sungai Kapuas sampai Naga Suhaid Kecamatan Suhaidi .

Kecamatan Semitau terdiri dai danau-danau rawa-rawa yang airnya cukup dalam. Sedangkan dataran rendah ini terdapat ibu kota kecamatan yang pendududknya relative ramai . Dataran rendah ini berada pada ketinggian kurang lebih 31-46 meter diatas permukaan laut. Pada dataran tinggi/miring diselinggi oleh rawa-rawa memanjang tapi sempit atau diselinggi oleh bukit-bukit kecil. Dataran ini termasuk katagori yang biasanya digenangi air pada waktu tertentu, yakni ketika terjadi curah hujan yang tinggi yang menyebabkan banjir dan tergenang air


Sumber Data:
Kabupaten Kapuas Hulu Dalam Angka 2009
(01-6-2007)
BPS Propinsi Kalimantan Barat

Sumber :
http://regionalinvestment.com/newsipid/displayprofil.php?ia=6108

Tidak ada komentar:

Posting Komentar