Selasa, 26 April 2011

Peningkatan SDM Kab. Pontianak

PENINGKATAN sumber daya manusia adalah merupakan hal yang sangat penting, karena ini menyangkut kualitas masyarakat daerah tersebut. Urgensi peningkatan SDM menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan secara serius oleh siapa saja dan juga termasuk pemerintah daerah maupun pusat, karena ini merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan.


Rendahnya SDM Kab. Pontianak merupakan tantangan terbesar bagi pemerintah daerah untuk segera melakukan upaya-upaya dan inovasi dalam menciptakan SDM yang berkualitas yang mampu menghadapi persaingan global.

Menurut data BPS, IPM Kabupaten Pontianak berada pada posisi ke-Enam di Kalbar. Meskipun posisinya berada di tengah tetapi IPM Kab. Pontianak masih berada di bawah rata-rata Kalbar dan nasional. Bahkan IPM Kab. Pontianak masih kalah dengan Kab Melawi yang merupakan DOB baru. Maka atas dasar hal tersebutlah, pemerintah daerah harus benar-benar memperhatikan kualitas SDM di Kab. Pontianak.

Penulis merasa sudah saatnya Pemkab Pontianak melakukan upaya-upaya untuk meningkatkan SDM yang ada. Dan ini merupakan “harga mati” yang tidak bisa ditawar-tawar lagi apabila memang Pemkab. Pontianak serius dan berkomitmen untuk membangun daerah ini. Adapun sedikit sumbangsih saran yang dapat dilakukan adalah memberikan beasiswa S2 atau bahkan S3 kepada putra-putri terbaik daerah sehingga bisa melanjutkan pendidikan yang jauh lebih tinggi.

Hal tersebut merupakan manifestasi dimasa yang akan datang untuk pembangunan Kab. Pontianak menjadi lebih baik. Dengan SDM yang lebih kompetitif dan mampu bersaing pada tataran local, nasional maupun secara global. Namun dalam pemberian beasiswa tersebut harus ada kontrak yang jelas dan mengikat bagi siapa saja yang menerimanya, agar kelak, ketika telah selesai menyelesaikan studinya dapat langsung memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Kab. Pontianak.
Pemberian beasiswa bukan satu-satunya jalan yang dapat ditempuh, pemerintah daerah juga dapat mendirikan perguruan tinggi di Kab. Pontianak, agar kedepannya mempunyai banyak “stok” orang-orang pintar yang akan membangun daerah ini. Karena kita ketahui bersama bahwasanya tidak ada perguruan tinggi di Kab. Pontianak pada saat ini. Sungguh sangat ironis, daerah yang telah 3x memekarkan diri, yaitu Kota Pontianak, Kab. Landak, dan Kab. Kubu Raya ini semakin jauh tertinggal dengan daerah yang dimekarkan.
Diatas merupakan sedikit sumbangsih saran kepada pemerintah daerah dari pemuda daerah yang mendambakan Kab. Pontianak menjadi lebih maju kedepannya, sehingga tidak seperti saat ini yang sedikit sekali hal yang dapat dibanggakan dari daerah ini. Namun penulis meyakini bahwasanya pemerintah daerah tidak akan mendiam diri, dan terus akan berinovasi untuk memajukan Kab. Pontianak, sehingga benar-benar menjadi daerah yang otonom dan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkualitas. Pemerintah pusat telah menyadari betapa pentingnya peningkatan SDM, dengan mengalokasikan APBN 2010 diprioritaskan pada sector pendidikan, sehingga pendidikan merupakan pos penggalokasian anggaran terbesar di bandingkan dengan yang lainnya. Bagaimana dengan Kab. Pontianak?

Rahmat Kalis
PRIMAKAPON

Sumber :
http://www.pontianakpost.com/?mib=berita.detail&id=42768
15 Nov 2010

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar